Selasa, 27 Desember 2011

Menyatakan Cinta


share this:

Kamu pernah jatuh cinta? Gimana rasanya? Pasti dong kamu keluarkan 1000 jurus maut untuk bisa menyatakan cinta pada maha dewimu itu. Nah, biar ngga abort mission alias gagal dan ngga malu-maluin kamu harus tau about dia, ibarat perang minimal kamu harus tau medannya terlebih dahulu. Untuk itu jangan sampe lewatkan deh beberapa point di bawah ini,

Bersikap Gentleman
Kapan dan dimanapun, tunjukkanlah rasa cinta kamu kepadanya dengan sikap melindungi, menghormati, dan menyayangi, misalnya: ketika sedang jalan berdua atau menyebrang jalan raya, tempatkanlah kekasih kamu pada posisi terlindungi. Ketika cuaca dingin, lepaskanlah jaket dan kenakan padanya. Ketika hendak masuk mobil, rumah atau toko yang berpintu, bukakan pintu dan biarkan dia masuk duluan, dsb.

Menjadi Sahabatnya
Sebagai sahabatnya kamu tidak membuatnya takut untuk mengekspresikan perasaannya. Ketika marah, dia bisa melampiaskan emosinya tanpa takut kelihatan jelek. Ketika sedih, dia bisa menangis tanpa takut dibilang cengeng. Ketika gembira dia bisa berteriak atau tertawa terbahak-bahak tanpa takut dianggap gila. Perasaan kamu pun harus sering diungkapkan agar dia mengenal kamu lebih dalam. Jadilah sahabatnya untuk berbagi suka dan duka, sahabat untuk saling melengkapi.

Menyesuaikan Diri
Berusahalah menyesuaikan diri dengan dunianya, seleranya, hobbynya. Temanilah dia nonton film drama mandarin, meskipun kamu paling suka film action Van Dame. Nikmatilah makanan Sunda kegemarannya meskipun kamu penggemar berat steak. Cobalah menyukai pempek Palembang meskipun kamu lebih doyan burger, dsb.

Memberi Sesuatu
Memberi sesuatu tidak usah menunggu birthday/valentine day. Untuk memberikan sesuatu yang dapat membuatnya senang kamu bisa melakukannya juga ketika dia sakit, ketika dia sedang sedih, atau ketika kamu sedang berada jauh darinya. Pemberian yang besar tidak harus yang mahal dan berukuran besar. Misalnya: poster bintang Hollywood idolanya, novel karya penulis favoritnya, aksesoris yang lucu, dsb. Boleh juga ditempeli stiker atau dilampirkan kartu kecil yang ada tulisan: I Care, I Miss U, Just 4U, atau You’re very Special.

Mendorong Semangatnya
Mendorong semangatnya tidak harus dengan kata-kata yang panjang lebar. Bahkan kadang-kadang dia tidak perlu nasehat apa-apa kecuali kehadiran kamu di sisinya. Tunjukan rasa simpati kamu ketika dia tampak down akibat tekanan masalah atau kegagalan yang dialaminya. Jadilah pendengar yang baik ketika dia mencurahkan isi hatinya. Yakinkan dia bahwa kamu selalu mendampinginya tidak saja ketika dia berada di puncak, tetapi juga ketika dia menuruni lembah.

Memberi Kebebasan
Berilah dia kebebasan untuk melakukan apa saja yang menyenangkan hatinya. Misalnya: kebebasan menikmati hobbynya, berlibur bersama teman-temannya, memilih mode rambut/baju favoritnya ataupun kesenangannya yang lain. Dengan begitu kebebasan bisa membuatnya bahagia. Bukankah kebahagiannya adalah kebahagiaan kamu juga?

Menerima Apa Adanya
Mencintai berarti menerima apa adanya. Tidak memaksakan kehendak dan tidak berusaha merubahnya sesuai keinginan kamu. Buatlah dia merasa nyaman menjadi kekasih kamu tanpa merasa dibebani untuk menjadi ini itu. Kalau dia lemah lembut, kamu tidak mencoba mengubahnya menjadi gadis yang lincah. Kalau dia suka baju warna merah, kamu tidak bisa memaksakannya memakai baju biru. Kalau dia senang di rumah, sambil menikmati novel/telenovela, kamu jangan menuntutnya aktif di luar rumah. Seandainya ada sifat buruk atau kebiasaan buruk yang tidak bisa ditolerir, bicarakanlah secara terbuka, serta dalam sikon (situasi, kondisi) yang enak agar dia juga bisa menerima dan menyesuaikan diri dengan kamu.

Membuat Kejutan
Supaya hubungan tidak monoton, rajinlah bikin kejutan. Kejutkan dia di luar hari-hari istimewanya. Kejutkan dia dengan kehadiran kamu yang tidak diduganya (jangan ikut ke toilet). Kejutkan dengan memberinya tiket film yang telah lama ditunggu-tunggunya, dsb. Kreatif dan hati-hatilah dalam mempersiapkan skenario kejutan supaya bisa menghasilkan ledakan kegembiraan yang besar.

Mengungkapkan Dengan Puisi
Kalau tidak bisa bikin sendiri, kutiplah karya orang lain dan rubahlah seperlunya sesuai dengan keinginan. Puisi berisi pujian atas kecantikannya, kepribadiannya, kelebihan, arti kehadirannya bagi kamu, harapan atau apa saja yang secara langsung mengandung pesan bahwa kamu mencintainya.

Katakan Dengan Bunga
Bunga mawar bisa mewakili kamu mengungkapkan ”I Love U”. Jangan ngirit dalam soal ini apalagi sampe ketahuan bahwa bunga yang kamu dapatkan dari hasil mencuri kebun milik tetangga, kan bisa malu tuh. Berikanlah setangkai bunga mawar merah pada waktu yang tepat agar pesan cinta kamu diterima dengan penuh kebahagiaan (kecerdasan, emosional lebih dominan), jangan sampai kamu memberi bunga pas dia baru sampai rumahnya, bisa jadi ia letih dan lagi ngga mood (perhatikan momentnya!). Lihat matanya, konon mata adalah cerminan hati, kalau mata hatinya sudah terbuka dan sejuk untuk menerima cinta, ungkapkanlah cinta kamu dengan kata-kata ”I Love U Sweetheart...”

(Hartono Beny Hidayat, Jakarta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan di-kasih Comment...
please, no SARA... trims...