Sabtu, 21 Januari 2012

Keseimbangan Cinta & Pekerjaan


share this:

Sigmund Freud memang terkenal dengan pengetahuan mendalam tentang kondisi jiwa manusia, tapi ada sebuah gagasan yang paling sederhana tentang jiwa manusia yang tak diungkapkannya, ‘Cinta dan pekerjaan merupakan hal paling penting dalam kehidupan manusiawi.’

Sepertinya, dimanapun kita selalu melihat pemandangan kebahagiaan dan ketidak-bahagiaan di sekeliling kita. Kebahagiaan seringkali melingkungi orang-orang yang mampu mengatur keseimbangan dari ritme pekerjaan dan cinta kasih, sedang ketidak-bahagiaan seringkali menerpa orang-orang yang tak mampu menemukan esensial dari kedua hal tersebut.

Menyeimbangkan cinta dan pekerjaan merupakan kunci kehidupan bahagia. Namun, hal yang lebih penting lagi adalah meyakinkan kalau keseimbangan antara keduanya berlangsung dengan sehat.

Seringkali, pekerjaan jadi bagian paling penting dalam kehidupan kita. Hingga sebagian besar waktu dan energi kita curahkan untuk bekerja, dan kembali ke rumah, ke tempat orang-orang yang kita cintai dalam keadaan lelah. Lalu, esok harinya sudah tergesa berangkat kerja lagi. Seperti inilah kiranya tipikal kehidupan kita, kita butuh usaha keras, dan bukan hanya di hari Valentine, untuk menunjukan kasih sayang kita pada orang-orang terdekat. Seberapa sering Anda mengungkapkan cinta pada pasangan Anda? Atau meluangkan waktu untuk orang tua atau saudara kandung? Atau bermain dengan anak-anak Anda?

Sebenarnya, kasih sayang tidaklah sesederhana ungkapan kata yang kita lontarkan. Bisa juga kita mengungkapkannya dengan mengirimkan kartu ucapan dan bunga atau makan malam bareng. Atau Anda bisa mematikan televisi dan menunda pekerjaan lain hanya untuk melewatkan waktu berkualitas bersama orang yang Anda kasihi, mengobrol atau melakukan hal-hal lain tanpa interupsi.

Luangkan sebagian waktu dari kesibukan Anda, dan lewatkan bersama dengan orang yang Anda kasihi serta melakukan hal-hal yang menyenangkan. Tak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk liburan ke luar pulau atau hal-hal yang menguras tenaga. Tapi lakukan sesuatu bersama tanpa pengaruh hal-hal luar, hal ini akan lebih memperdalam ikatan kasih sayang dan mengingatkan Anda, kalau Anda bukan hanya mencintai orang-orang ini, tapi juga menikmati kebersamaan dengan mereka.

Ingatlah! Lebih mudah menemukan pekerjaan baru dari pada menggantikan orang-orang yang Anda kasihi dan mengasihi Anda. Kita semua tahu di dalam hati masing-masing, di mana mesti meletakan prioritas utama kita. Pastikan orang-orang yang mengasihi Anda mengetahui dengan tepat, Anda juga mengasihi mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan di-kasih Comment...
please, no SARA... trims...