Selasa, 22 Juni 2010

8 Kado Terindah


share this:

Jangan salah persepsi dulu ya! Kado di sini bukan sesuatu yang berarti materi atau benda yang biasanya kita berikan ke pasangan kita. Aneka kado ini tidak dijual di toko. Kamu bisa menghadiahkannya setiap saat, dan tak perlu membeli! Meski begitu, 8 macam kado ini adalah hadiah terindah dan tak ternilai bagi orang2 yang kamu sayangi. Hal2 kecil yang terkadang luput dari perhatian kita ternyata bisa membuat kebahagiaan tersendiri buat pasangan kita. Buat kamu2 yang lagi kasmaran coba deh tips berikut, dijamin bisa bikin orang yang kamu sayangi tambah lengket sama kamu.

1. Kehadiran
Kehadiran orang yang dikasihi rasanya adalah kado yang tak ternilai harganya. Memang kita bisa juga hadir dihadapannya lewat surat, telepon, foto atau fax. Namun dengan berada disampingnya, kamu dan dia dapat berbagi perasaan, perhatian, dan kasih sayang secara lebih utuh dan intensif. Dengan demikian, kualitas kehadiran juga penting. Jadikan kehadiran kamu sebagai pembawa kebahagiaan. Kehadiran orang yang disayangi bisa lebih berarti, apalgi disaat butuh banyak perhatian dan dorongan. Misalnya di hari kamu wisuda, pastinya kebahagiaan kamu bakal lebih langkap lagi kalo orang yang kita sayangi hadir menemani kita. Kebahagiaan akann terasa lebih sempurna! So, pastikan kamu selalu ada disampingnya di saat2 dia membutuhkan dukungan dan kehadiranmu.

2. Mendengar
Sedikit orang yang mampu memberikan kado ini, sebab, kebanyakan orang lebih suka didengarkan, ketimbang mendengarkan. Sudah lama diketahui bahwa keharmonisan hubungan antar manusia amat ditentukan oleh kesediaan saling mendengarkan. Berikan kado ini untuknya. Dengan mencurahkan perhatian pada segala ucapannya, secara tak langsung kita juga telah menumbuhkan kesabaran dan kerendahan hati. Untuk bisa mendengar dengan baik, pastikan anda dalam keadaan betul2 relaks dan bisa menangkap utuh apa yang disampaikan. Tatap wajahnya, tidak perlu menyela, mengkritik, apalagi menghakimi. Biarkan ia menuntaskannya. Ini memudahkan anda memberi tanggapan yang tepat setelah itu. Tidak harus berupa diskusi atau penilaian. Sekedar ucapan terima kasihpun akan terdengar manis baginya. Mulai sekarang coba untuk bisa mendengar segala yang ingin dia ceritakan ke kamu. Hal ini menjadi sebuah kelegaan tersendiri baginya, karena dia akan merasa diperhatikan dan dihargai. Untuk mebuat orang lain menghargai kita tentunya kita harus bisa menghargai orang lain dulu kan? Biasakan dari sekarang, mungkin setelah itu dia akan lebih antusias untuk terbiasa curhat, dan mendiskusikan segala sesuatu dengan kamu. Dia akan selalu menjadikanmu sebagai penasehatnya…wah seneng dong! Serasa menjadi orang terpenting bagi dia.

3. Diam
Seprti kata2, di dalam diam juga ada kekuatan. Diam bisa dipakai untuk menghukum, mengusir atau membingungkan orang. Tapi lebih dari segalanya, diam juga bisa menunjukkan kecintaan kita pada seseorang karena memberinya “ruang”. Terlebih jika sehari2 kita sudah terbiasa gemar menasehati, mengatur, mengkritik bahkan mengomeli. Ada pepatah yang mengatakan “diam itu emas”. Bukan berarti dengan diam kita akan mendapatkan emas batangan lho! (kalo gitu sih, diem aja tiap hari biar kaya…). Diam di sini berarti memberinya ruang gerak lebih, sehingga dia ngga merasa terkekang bila berada di dekat kita. Diam bukan berarti kamu nyuekin dia, tapi lebih kepada membatasi sikap dominan kamu. Kalo setiap hari kamu mendominasi ada baiknya hari ini kamu didominasi oleh dia. Atau mungkin berarti juga mengendalikan emosi kamu, di saat kamu mulai jealous ke dia dan pengennya marah2 coba deh kamu endapkan dulu dan kemudian berbicara dengan kepala dingin tentunya akan lebih baik. Daripada menyelesaikannya dengan emosi, terkadang diam itu lebih baik.

4. Kebebasan
Mencintai seseorang bukan berarti memberi kita hak penuh untuk memiliki atau mengatur kehidupan orang bersangkutan. Bisakah kita mengaku mencintai seseorang jika kita selalu mengekangnya? Memberi kebebasan adalah salah satu perwujudan cinta. Makna kebebasan bukanlah, “kau bebas berbuat semaumu”. Lebih dalam dari itu, memberi kebebasan adalah memberinya kepercayaan penuh untuk bertanggung jawab atas segala hal yang ia putuskan atau lakukan. Menyayangi seseorang bukan berarti memberikan kalung atau rantai pengikat untuk dia. Menyayangi berarti memberikan kepercayaan dan senantiasa memberikan ruang gerak. Kamu sendiri ngga bakalan mau dong kalo setiap menit pacar kamu nelponin hp kamu buat ngecek kamu sekarang lagi ngapain, sama siapa, dll. Itu bukan menyayangi tapi malah menyiksa, kamu bisa tergolong POSESIF kalo sampe kayak begitu. Jangan biarkan diri kamu dikuasai yang namanya emosi, cobalah memberikan keparcayaan ke dia. Dengan cara memberikan kebebasan dan ruang gerak untuk dia bisa mengekspresikan dirinya, bergaul dengan semua temannya, tapi tetap dengan porsinya lho! Bukan kebebasan yang sebebas2nya.

5. Keindahan
Siapa yang tak bahagia, jika orang yang disayangi tiba2 tampil lebih ganteng atau cantik? Tampil indah dan rupawan juga merupakan kado lho. Bahkan tak salah jika kamu mengkadokannya setiap hari! Coba deh kamu berpenampilan beda dari biasanya, tapi bukan terus menor sana-sini atau pake jel rambut yang bikin rambut kaya landak! Sederhana aja yang penting beda dari biasanya, buat cewek yang biasanya berpenampilan tomboy dengan celana betelnya coba deh sekarang mulai pake rok waktu ngedate bareng dia. Dijamin dia bakalan terpesona lihat kamu yang ternyata bisa feminisme jiga. Atau buat cowok yang biasanya tampil slengean dengan kaos oblong atau jeans bolong2, coba deh sekali waktu kamu tampil keren dengan setelan kemeja yang rapih and wangi, wah…ngga bakalan ada cewek yang nolak buat diajak jalan tuh kalo gitu…

6. Tanggapan Positif
Tanpa sadar, sering kita memberikan penilaian negatif terhadap pikiran, sikap atau tindakan orang yang kita sayangi. Seolah2 tidak ada yang benar dari dirinya dan kebenaran mutlak hanya pada kita. Kali ini, coba hadiahkan tanggapan positif. Nyatakan dengan jelas dan tulus. Cobalah ingat, berapa kali dalam seminggu terakhir kamu ngucapin terima kasih atas segala hal yang telah dilakukannya demi kamu? Ingat2 juga, pernah ngga kamu memujinya. Kedua hal itu, ucapan terima kasih dan pujian (dan juga permintaan maaf), adalah kado cinta yang sering terlupakan. Misalnya tiba2 dia pengen kamu dengerin dia nyanyi sambil ngegitar (yea, meskipun dia barusan belajar main gitar) karena lagu favoritnya lagi di muat di buku musik. Meskipun rada sumbang coba deh kamu tetep konsen ke dia, setelah selesai kasih tepuk tangan dan kalau dia nanya bagaimana permainannya, bilang aja “bagus kok, ternyata kamu punya bakat…coba deh daftar Indonesia Mencari Bakat, siapa tau lolos!!”

7. Kesediaan Mengalah
Tidak semua masalah layak menjadi bahan pertengkaran. Apalagi sampai menjadi cekcok yang hebat. Semestinya kamu pertimbangkan, apa iya sebuah hubungan cinta dikorbankan jadi berantakan hanya gara2 persoalan itu? Bila kamu mikirin hal ini, berarti kamu siap memberikan kado “kesediaan mengalah”. Kamu mungkin kesal atau marah karena dia telat datang memenuhi janji. Tapi kalau kejadiannya baru sekali itu, kenapa mesti jadi pemicu pertengkaran yang berlarut2? Kesediaan untuk mengalah juga dapat melunturkan sakit hati dan mengajak kita menyadari bahwa tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Ngga rugi kan kalo sekali2 mengalah untuk menghindari pertengkaran. Toh mengalah bukan berarti kalah, tapi mencoba menetralisir keadaan. So guys, jangan gengsi untuk mengalah!

8. Senyuman
Percaya atau tidak, kekuatan senyuman amat luar biasa. Senyuman, terlebih yang diberikan dengan tulus, bisa menjadi pencair hubungan yang beku, pemberi semangat dalam keputusasaan. Pencerah suasana muram, bahkan obat penenang jiwa yang resah. Senyuman juga merupakan isyarat untuk membuka diri dengan dunia sekeliling kita. Kapan terakhir kali kamu menghadiahkan senyuman manis pada orang yang dikasihi? Orang bilang dengan tersenyum wajah jelek bisa terlihat lebih manis, jadi cobalah untuk selalu tersenyum. Ngga peduli hujan, disamber gledek sekalipun tetaplah memberi senyuman termanismu pada dia.

Jadi ngga perlu repot2 mikirin kado yang pas buat ulang tahun orang2 yang kita sayangi kan? Karena ternyata ada kado spesial yang lain, yang bisa kita berikan. Ngga harus mahal, ngga harus berupa materi atau benda karena dengan tindakan ataupun ucapan yang tulus ikhlas dan doa kita itu juga berarti banget buat mereka.yang penting kan niat dan ketulusan hati, apalah arti sebuah materi jika memberinya kitapun terpaksa? So, jangan gengsi untuk mengungkapkan terkadang melalui sikap, tindakan, dan ucapan kita itu akan lebih bermakna dan tak ternilai buat orang2 yang kita sayangi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan di-kasih Comment...
please, no SARA... trims...