Senin, 21 Juni 2010

Fixing a Broken Heart


share this:

Hayo! Ngapain aja saat broken heart? Saat2 seperti itu rasanya merupakan saat2 tersulit dalam kehidupan ini. Makan bisa terasa ngga enak. Tidur ngga nyenyak. Hari2 pun berlalu dengan penuh ke-BT-an. Emang ngga semuanya sih gambarannya seperti itu. Ada yang menghadapi saat2 seperti itu melampiaskannya dengan banyak makan. Molor sepanjang hari. Bahkan hura2 dengan banyak teman. Tapi akibatnya sama saja kan? Ngga baik bagi diri sendiri. So, gimana dong cara menghadapi saat2 seperti itu? Berikut adalah langkah2 yang bisa kamu ikuti.

1. Wake Up
Bangun boys, girls! Sahur, sahur! He..he..bangun dari tidur panjang keterpurukanmu. Lha gimana bisa menyelesaikan persoalan jika masih molor? Hadapilah kenyataan bahwa apa yang tengah kamu alami itu bukanlah suatu mimpi belaka. Tetapi bener2 terjadi. Dan yang paling penting dari semua itu, bersiap2lah untuk menerima kenyataan yang paling pahit. Yaitu bahwa segala kesalahan yang mungkin kau buat bisa menjadi sumber penyebab broken hatimu.

2. Evaluation
Yaitu mengevaluasi sebab2 broken itu. Bisa dengan cara introspeksi. Apakah selama ini aku telah mencintai dengan sepenuh hati tanpa diembel2i tujuan tersembunyi? Sudahkah aku memenuhi tuntutan bahwa resiko mencintai itu harus rela berkorban baik itu waktu, tenaga, pikiran, apa saja? Ada suatu cara lain. Buatlah semacam penanggalan seperti : Aku tahun 2002, aku tahun 2003, aku tahun 2004, dst. Catatlah point2 penting tentang dirimu pada tahun2 dimaksud. Lalu evaluasilah. Kemajuan apa aja yang telah berhasil kamu capai dalam kehidupan cintamu pada jangka waktu itu? Atau malah kemunduran? Bisa juga penanggalannya dengan bulan untuk evaluasi jangka pendek.

3. Support
Ya kayak kampanye pemilihan presiden gitulah! Kamu perlu dukungan. Boleh2 saja sih mendapat dukungan materi (kalau ada). Namun jangan melupakan yang lebih penting. Yaitu dukungan moril. Perhatikan bahwa yang penting bukan mendapatkan sebanyak2nya orang yang mau membela maupun membenarkan semua yang akan kamu lakukan nanti. Tetapi sebagai pembangkit dan pendorong semangatmu untuk menumbuhkan lagi mtivasi2 positifmu dalam cinta. Berdasar evaluasi yang telah kamu lakukan tentunya.

4. Solution
Mencari jalan keluar dari permasalahan yang menyebabkan kamu broken itu. Ngga mungkin kan terus2an dalam keadaan itu? Cari dan temukan jalan keluar itu. Karena kamu bertanggung jawab sepenuhnya atas masa depan cintamu. Dengarkan suara hatimu. Sambil tidak lupa mempertimbangkan suara2 supporter yang memberikan sumbangan positif padamu.

Yup! Broken heart memang merupakan situasi yang memerlukan waktu untuk memperbaikinya. Apalagi jika kamu tergolong orang yang tidak bisa cepat pulih dari hal2 yang mengganggu kestabilan hatimu. Tapi jangan lekas berkecil hati! Karena ini bukanlah suatu hal yang memalukan ataupun harus membuatmu rendah diri. Yang penting janganlah membiasakan diri berlama2 dalam situasi seperti itu. Memang broken heart itu menyakitkan. Tapi lebih menyakitkan lagi bila berlarut2 dalam broken heart. Betul kan? Siapa dulu dong…! Cambuklah dirimu sendiri agar mau segera bangkit dan tegar lagi dalam menghadapi segala problematika cintamu.

Nah, dalam rangka mempersiapkan diri untuk menghadapi segala kemungkinan dalam kehidupan cintamu, ada baiknya kamu melakukan usaha2 untuk makin memperkokoh ketahanan rohanimu. Sadarilah bahwa segala sesuatu di dunia itu semu. Bahkan cinta. Belajarlah untuk tidak berlebih2an atupun berkekurangan dalam mencintai. Sehingga kamu nantinya dapat mencintai atau membenci sekedarnya saja. Jika nanti menemui suatu cobaan atau ujian cinta kamu takkan terlalu bersedih sampai mengalami broken heart yang berlarut2. sadari pula bahwa cinta itu bermakna luas.

Ada cinta kepada ortu, cinta bangsa dan negara, cinta sesama makhluk. Nah, di antara cinta2 itu, ada yang paling tinggi kedudukannya. Yaitu cinta kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Karena itu ikatkan tali cinta kepada-Nya dengan ikatan yang paling kuat. Jika nanti kamu menemui problem sesulit apapun dalam kehidupan cintamu, kamu akan selalu dapat mengembalikan sesuatu kepada-Nya. Selanjutnya kamu juga harus menyadari besarnya peran aspek2 penting dalam cinta. Seperti kedewasaan diri, kemapanan atau kesejahteraan hidup, kualitas pribadi. Ini bagimu agar selalu berusaha memperbaiki diri ke arah yang lebih baik lagi. So, get up boys, girls! Let you love’s light shine through!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan di-kasih Comment...
please, no SARA... trims...