Jumat, 22 Januari 2010

Ada Cinta Ada Jerawat


share this:

Siapa bilang ada cinta ada jerawat? Jangan salah! Adik-adik kita yang masih TK atau SD juga punya cinta lho, mereka cinta sama ayah, ibu dan saudara mereka juga tapi mereka nggak jerawatan. Jadi ada cinta belum tentu ada jerawat!

Jerawat adalah salah satu problem kulit wajah yang mengganggu banget, khusunya bagi para remaja. Karena memang pada umumnya jerawat timbul pada masa pubertas, kurang lebih dari usia 12 sampai 17 tahun. Dan sebagian remaja pasti menghadapi masalah yang satu ini, terlebih-lebih pada remaja berjenis kulit berminyak.

Penyebab jerawat apaan sich...??
Penyebabnya bisa dibagi 2, yaitu :
1. Sebab Ekstern
Bisa karena penggunaan kosmetik yang nggak cocok atau kotoran yang nggak pernah dibersihkan sehingga menyumbat pori-pori dan bakteripun dapat kesempatan hidup yang akhirnya menyebabkan infeksi.
2. Sebab Intern
Lagi puber nih! Itu yang sering jadi penyebab. Jadinya ada sebutan “ada cinta ada jerawat” deh...
Kedua, Stress! Juga pola hidup yang nggak sehat, kaya tidur malam-malam, makan makanan yang nggak sehat seperti yang berminyak, manis-manis dan pedas.

Makanya kamu-kamu pada jaga diri deh dengan pola hidup yang sehat, kalau memang kamu pengen jauh-jauh dari jerawat. Kamu bisa lakukan sesuatu buat pencegahan seperti : olah raga yang teratur, tidur cukup, makan makanan yang sehat, nggak perlu mahal kok...yang penting sayuran dan buahnya. Juga satu lagi, cuci muka minimal dua kali sehari dengan pembersih muka yang aman bagi kulitmu.

Jika jerawat udah nangkring, maka jangan dipencet biar nggak ninggalin bekas parut di wajah. Atau kamu coba perawatan alami, jadi nggak terlalu beresiko.

Pertama, dengan buah-buahan yang berair seperti tomat atau mentimun. Kamu parut dan gunakan untuk masker di malam hari. Paginya bersihkan dengan air dingin.

Kedua, bisa juga dengan mengompres wajah dengan air hangat, yang juga dilakukan di malam hari. Tujuannya untuk membuka pori-pori yang tertutup sehingga kotoran bisa keluar dan bakteri nggak bisa nyumpet lagi...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan di-kasih Comment...
please, no SARA... trims...